Cara Terbaik Menggugurkan Kandungan

menggugurkan kandungan

 

Menggugurkan kandungan adalah tindakan mengakhiri kehamilan dengan mengosongkan isi rahim seperti janin dan plasenta. Kehamilan yang tidak diinginkan pasti berakhir dengan tindakan kuret. Ini biasanya dilakukan untuk menyelesaikan masalah demi kesehatan maupun karena kondisi mental. Kehamilan bisa terjadi bagi wanita yang masih muda atau yang sudah tua dan wanita yang sudah menikah atau yang belum menikah. Permasalahannya ada pada kehamilan yang tidak diinginkan. Setelah memutuskan untuk menggugurkan kandungan maka timbul pertanyaan cara terbaik untuk menggugurkan kandungan itu apa sih?

 

Cara menggugurkan kandungan atau teknik kuret yang lazim dilakukan adalah:

Cara Tradisional

Cara menggugurkan kandungan dengan tradisional sudah sering dilakukan sejak dahulu kala. Cara kuret jenis ini sering menggunakan buah-buahan seperti nanas muda dan pepaya. Dilakukan dengan cara memakan buah tersebut sebanyak-banyaknya agar perut menjadi sakit sekali. Dengan kondisi ini diharapkan terjadinya kontraksi pada rahim sehingga mengalami pendarahan dan janin bisa keluar dengan alami.

 

Cara tradisonal ini sering dicoba oleh wanita dengan kehamilan yang masih baru. Karena untuk kehamilan diatas 8 minggu cara ini tidak ada manfaatnya. Itupun kalau cara ini berhasil dilakukan karena menurut pengalaman kami di klinik raden saleh bahwa pasien yang datang berobat sudah mencoba cara ini dan tidak berhasil. Secara umum hasil yang didapat tidak baik karena bisa menimbulkan efek samping seperti terjadinya mual, muntah, diare, sakit kepala, sakit perut dan sakit maag yang parah.

 

Cara Medis

Menggugurkan kandungan dengan pil kuret atau obat kuret disebut cara kuret medis. Pil kuret yang sering dijual adalah misoprostol, gastrul dan lain lain. Cara kerja obat ini adalah menghambat hormon pogesteron dalam tubuh sehingga menghalangi pertumbuhan janin. Efek sampingnya adalah menimbulkan kontraksi rahim yang diharapkan terjadi pendarahan dan mengeluarkan isi rahim.

 

Saat terjadinya kontraksi wanita tersebut akan mengalami sakit perut atau kram perut yang parah. Kadang kadang bisa terjadi pingsan dan syok. Dalam kasus ini jika tidak segera ditangani oleh dokter akan terjadi kondisi yang fatal. Bisa terjadi infeksi yang ditandai dengan demam tinggi akibat pendarahan berhari hari.

 

Dari kedua teknik menggugurkan kandungan tersebut sangat tidak direkomendasikan karena:
– Belum terbukti manfaatnya
– Tidak mengetahui kondisi awal kehamilan
– Efek samping yang berat
– Harus ditangani lagi oleh dokter

 

Teknik vakum aspirasi

Cara menggugurkan dengan teknik vakum aspirasi adalah teknik kuret dengan menggunakan alat hisap atau penyedotan yang terbuat dari selang karet dan diujungnya terdapat pipet atau sedotan yang dimasukkan ke dalam rahim. Lalu isi rahim disedot dengan alat kompresor udara. Teknik ini tidak menimbulkan robekan atau tidak ada yang perlu dibedah atau disayat. Sangat praktis dan efektif karena tindakannya hanya membutuhkan waktu 10-15 menit. Ibarat minuman dalam botol disedot dengan pipet sampai habis. Rahim dapat dinyatakan sudah kosong atau bersih setelah diperiksa dengan Usg.

 

Teknik vakum aspirasi sangat direkomendasikan untuk menggugurkan kandungan karena:
– Ditangani langsung oleh dokter
– Pemeriksaan dengan Usg
– Mengetahui resiko dan mengatasinya
– Dilakukan observasi sebelum dilakukan kuret
– Menjamin kesehatan dan keselamatan pasien
– Dapat konsultasi atau kontrol kembali jika terjadi keluhan

 

Dari keterangan diatas anda pasti sudah memahami cara terbaik menggugurkan kandungan adalah dengan teknik vakum aspirasi. Klinik raden saleh telah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai untuk vakum aspirasi. Silahkan anda berkunjung ke klinik dan lebih baik jika anda menelepon kami terlebih dahulu.

 

Sumber: https://klinikradensaleh.com/cara-terbaik-menggugurkan-kandungan/