Apakah Semua Klinik Kandungan Menerima Aborsi?

klinik kandungan

 

Klinik kandungan adalah layanan kesehatan yang dikhususkan untuk wanita yang ingin memeriksa kondisi kehamilan dan reproduksi wanita. Tenaga kesehatan yang bekerja di klinik ini adalah dokter spesialis kandungan atau yang disebut dengan dokter obgyn (obstetri ginekologi). Obstetri adalah cabang ilmu kedokteran yang khusus mempelajari kehamilanan dan persalinan. Sedangkan ginekologi adalah cabang ilmu kedokteran yang khusus mempelajari masalah reproduksi wanita. Dokter obgyn berperan dalam memeriksa reproduksi wanita dan memantau kondisi kehamilan.

 

Peran dokter kandungan untuk wanita yang belum hamil:

– Masalah yang berhubungan dengan vulva dan vagina seperti vulvovaginitis dan perdarahan nonmenstrual, serta keputihan.

– Masalah yang berhubungan dengan indung telur dan tuba falopi seperti endometriosis, PCOS, hingga kista atau tumor pada indung telur.

– Serta masalah seputar menstruasi, seperti menstruasi tidak teratur, PMS yang terasa amat sakit, hingga menopause.

– Pemeriksaan papsmear

 

Peran dokter kandungan untuk wanita hamil:

– Memeriksa kondisi kesehatan yang bisa menimbulkan keluhan selama kehamilan atau mempengaruhi kesehatan bayi, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, risiko infeksi, ataupun kelainan genetik.

– Memantau kondisi janin Anda, termasuk rutin melakukan tes USG.

– Memberikan saran tentang diet, olahraga, dan tips sehat lainnya yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

– Membantu Anda mengatasi morning sickness, sakit punggung dan kaki, serta berbagai keluhan kehamilan lainnya.

– Menangani proses persalinan serta komplikasinya, misalnya perdarahan saat atau setelah persalinan, ruptur uteri, sepsis, kelahiran prematur, solusio plasenta, pre-eklampsia, dan lain sebagainya.

 

Apakah Semua Klinik Kandungan Menerima Pasien Aborsi?

Prosedur aborsi dilakukan karena adanya indikasi bahwa kehamilan tidak mungkin untuk dipertahankan. Dokter spesialis kandungan sudah pasti tahu melakukan proses aborsi karena aborsi merupakan komplikasi dari kehamilan. Namun dokter kandungan tidak serta merta mau melakukannya tanpa adanya indikasi kehamilan tidak normal. Lalu bagaimana dengan wanita yang gagal KB atau kehamilan di usia tua? Untuk masalah seperti ini tergantung kepada kemauan si dokter itu sendiri. Ada yang mau dan ada yang tidak, atau dokter tersebut harus merujuknya ke klinik raden saleh.

 

Karena klinik raden saleh adalah klinik aborsi di jakarta yang menerima proses aborsi dengan aman. Di klinik raden saleh tersedia dokter kandungan yang mau melayani proses aborsi dan kuretase. Para dokter kandungan di seluruh Indonesia sudah tau bahwa klinik aborsi ini adalah satu satunya klinik yang direkomendasikan untuk melakukan aborsi.

 

Dalam persatuan dokter obgyn Indonesia telah menetapkan bahwa tidak semua dokter kandungan boleh melakukan aborsi. Hanya dokter kandungan yang sudah senior dan telah mendapat lisensi atau izin dari dinas kesehatan yang diperbolehkan melakukan aborsi. Artinya walaupun seorang dokter kandungan mampu melakukan aborsi tapi belum tentu dia mendapat izin. Jadi dokter tersebut harus merujuk pasiennya ke klinik raden saleh yang penanganan selanjutnya ditangani oleh dokter di klinik tersebut.

 

Di klinik raden saleh anda akan mendapatkan pemeriksaan ulang seperti melakukan Usg dan memeriksa kondisi kesehatan yang berhubungan dengan resiko bila dilakukan aborsi. Setelah pemeriksaan selesai dan dipastikan boleh dilakukan aborsi maka dokter akan menjelaskan semua tentang proses aborsi. Setelah anda memutuskan untuk mengikuti prosedurnya maka anda akan diberitahu berapa biaya aborsi sesuai dengan seberapa besar kehamilan anda. Jika anda sudah bersedia dan sudah melakukan pembayaran maka dokter akan segera memulai proses aborsi. Setelah selesai anda akan berada di ruang pemulihan sampai kondisi baik lalu diperbolehkan pulang.

 

 Sumber: https://klinikradensaleh.com/klinik-kandungan-menerima-aborsi/